Aturan Kompetisi Debat Antar Kelas

21.38

Debat adalah kegiatan adu argumentasi antara dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok, dalam mendiskusikan dan memutuskan masalah dan perbedaan.

Tapi saat ini, debat yang akan kita laksankan bukan untuk memutuskan suatu perkara, melainkan untuk mengembangkan kemampuan argumentasi yang dimiliki oleh individu maupun kelompok. Pembicara boleh memberikan argumentasinya secara bebas, logis, jelas dan terstruktur. Debat dibatasi permasalahan antara kelompok Pro dan kontra, yang ditentukan setelah cabut nomor.
Dalam debat kompetitif, memiliki aturan sebagai berikut :
®     Jumlah tim dalam satu debat (3 orang perkelompok)
®     Jumlah pembicara dalam satu tim (3 orang secara bergilir)
®     Giliran berbicara (Untuk mengexpose materi, dilakukan oleh ketua kelompok, dan untuk tanggapan maupun interupsi dilakukan baik oleh ketua maupun anggota)
®     Lama waktu yang disediakan untuk masing-masing pembicara (tergantung topic permasalahan. Lama waktu dalam sekali debat adalah 15 menit. Waktu Persiapan/Diskusi 5 menit, expose materi 8 menit, dan penutup atau kesimpulan 2 menit)
®     Tatacara interupsi (interupsi atau menyela tanggapan lawan debat dilakukan dengan bijaksana, tanpa menggunakan emosi yang berlebihan. Interupsi diberikan setelah mendapatkan aba-aba dari juri, tidak boleh memotong argument lawan yang sedang disampaikan) 
®     Mosi dan batasan-batasan pendefinisian mosi (sesuai dengan cakupan meteri, tidak boleh keluar dari permasalahan yang ada. Bukti yang diajukan harus lengkap dan actual.)
®     Tugas yang diharapkan dari masing-masing pembicara
®     Hal-hal yang tidak boleh dilakukan oleh pembicara (
®     Kisaran penilaian (40 untuk expose materi yang baik dan lengkap, 40 untuk tanggapan dan sanggahan, 20 untuk bukti yang diberikan)
Format debat sering menggunakan peristilahan yang biasa dipakai di debat parlemen sebenarnya:
  • topik debat disebut mosi (motion)
  • tim Afirmatif (yang setuju terhadap mosi) sering disebut juga kelompok Proposisi (Pro), tim Negatif (yang menentang mosi) disebut Oposisi (Kontra)
  • pembicara pertama dipanggil sebagai Ketua Kelompok, dan pembicara kedua atau ketiga adalah anggota kelompok.

You Might Also Like

0 komentar

Tentang Momo

Foto saya
Moudy Angela Valiant lahir di Pekanbaru, 04 Februari 1995. Lebih sering dipanggil Momo daripada nama keren aslinya(Hihihi). Masih mahasiswi setia jurusan Kimia, Universitas Andalas, Padang. Tourism Ambassadornya kota Bukittinggi 2015. Anggota Minang Female Models Sumatera Barat. Hobi ngelukis absurb, nyanyi dikamar pake Mic, foto-foto ala OOTD, travelling (instagram, blog, youtube, line, bbm, apa aja deh), dan semua yang tidak ada hubungannya dengan ilmiah. Cita-cita jadi anggota DPR setelah jadi artis, sekalian bikin bom atom dari kuah dendeng balado. Udah gitu aja.

Labels