ADVOKASI

08.30


Sekolah PL Ke-4

            Materi ini di sampaikan oleh Uda Hafiz (Koordinator Departement Eksternal BEM KM FMIPA Unand) dari Jurusan Matematika pada acara PL tanggal 30 November 2013 di gazebo PKM FMIPA Unand.Yang berkumpul disana bukan saja anak pl tapi ada juga follow up interna lPL ini adalah singkatan dari Peace Leader . Peace Leader adalah sekolah kepemimpinan yang ada di MIPA Unand.
CP:Uda Hafiz (08992005281)
            Advokasi adalah membela,menyokong,mengemukakan /melakukan perubahan .Contoh advokasi adalah kita mendatangani pihak yang ada diatas(kalau pada dunia mahasiswa disebut dekanat atau rektorat) dengan membawa data yang kita mau advokasi ,kalau tidak diterima kita datangi pihak rektorat ,kalau tidak diterima lagi  akan disampaikan melalui demonstrasi .
            Langkah –langkah advokasi adalah
1.Tentukan isu strategis
            Dalam menentukan isu strategis kita bisa mengambil isu hangat seperti bidik misi ,UU PT (mengarah ke liberalisme pendidikan),dan badan hukum .Dan juga kita bisa mengambil isu yang hampir dingin .Intinya kita harus mengupdate informasi yang ada pada tahun ini dan tahun kemarin.
2.Pengumpulan data dan informasi 
            Dalam pengumpulan data dan informasi ,kita harus konkrit,SMART,melakukan analisa dan teliti.SMART itu adalah Spesifik,Terukur /terjangkau,sesuatu yang dapat tercapai,realistis,jangka waktu.
3. Membentuk sekutu
            Membentuk sekutu ini adalah mengajak teman-teman yang mau mengavokasi masalah yang sama.
4.Membentuk aliensi
            Membentuk aliensi ini adalah mengajak perkumpulan-perkumpulan/lembaga-lembaga yang ada universitas maupun masyarakat .
5.Disampaikan dengan kata-kata menarik
6.Melemparkan isu masyarakat secara global
7.Lobi dan pendekatan
8.Kontak
9.Aksi bersama dan demonstrasi
10.Evaluasi bersama
Kesimpulan dari advokasi ini adalah kita harus berani menyampaikan permasalahan yang kita hadapi , bukan dipendam saja tapi disampaikan kepada orang nya lansung (public corner).Dan kalimat yang membawa motivasi untuk kita semua adalah
DIAMNYA MAHASISWA ADALAH PENGKIANATAN.

You Might Also Like

0 komentar

Tentang Momo

Foto saya
Moudy Angela Valiant lahir di Pekanbaru, 04 Februari 1995. Lebih sering dipanggil Momo daripada nama keren aslinya(Hihihi). Masih mahasiswi setia jurusan Kimia, Universitas Andalas, Padang. Tourism Ambassadornya kota Bukittinggi 2015. Anggota Minang Female Models Sumatera Barat. Hobi ngelukis absurb, nyanyi dikamar pake Mic, foto-foto ala OOTD, travelling (instagram, blog, youtube, line, bbm, apa aja deh), dan semua yang tidak ada hubungannya dengan ilmiah. Cita-cita jadi anggota DPR setelah jadi artis, sekalian bikin bom atom dari kuah dendeng balado. Udah gitu aja.

Labels